Obyek Vital di Jakarta Mulai Dijaga Ketat

Polri bersenjata lengkap sudah ditempatkan dititik-titik jalan protokol. Pasukan Polri (Foto: ANTARA/Basri Marzuki)

VIVAnews - Pengamanan di sepanjang jalan dan objek-objek penting yang akan dilalui oleh delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean sudah mulai di jaga ketat. Terlihat petugas keamanan mulai dari TNI dan Polri bersenjata lengkap sudah ditempatkan dititik-titik jalan protokol.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi, Baharudin Djafar mengatakan pasukan gabungan dari TNI dan Polri sudah ditempatkan di lokasi-lokasi yang akan dilewati oleh para delegasi. "Penempatan tersebut sudah berlangsung sejak Rabu lalu," kata Baharudin di Jakarta, Jumat 6 Mei 2011.

Menurutnya, penempatan pasukan difokuskan dilokasi atau jalan yang akan dilewati oleh tamu VIP maupun VVIP. Namun mulai besok pagi, kata Baharudin, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan menyerahkan komando pengendalian pengamanan pertemuan puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-18 kepada Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"Penyerahan komando pengendalian ring satu, mulai besok Sabtu pagi pukul 04.00 WIB dari Polri kepada Paspampres," ujarnya.

Baharudin menambahkan, pasukan pengamanan dari Polri maupun TNI akan digabung di ring dua dan tiga setelah komando pengendalian pengamanan diserahkan kepada Paspampres. Sedangkan pengamanan pejabat se-tingkat menteri dan kepala negara yang berada pada ring satu di lokasi pertemuan KTT ASEAN menjadi tanggung jawab Paspampres. Ia menjelaskan, saat ini anggota Paspampres sudah melakukan pengamanan melekat di tempat penginapan pejabat se-tingkat menteri dan kepala negara.

Perwira menengah kepolisian itu, menyatakan Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo dan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono telah meninjau kesiapan dan rencana pengamanan kegiatan puncak KTT ASEAN.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Sutarman mengatakan Polri bertindak sebagai penanggung jawab pengamanan lapis satu pada pertemuan se-tingkat menteri pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang berlangsung sejak 4-6 Mei 2011. Polri akan menyerahkan personel pengamanan kepada Paspampres, saat acara memasuki pertemuan para pemimpin negara pada KTT ASEAN, 7-8 Mei 2011.

Paspampres akan menjadi penanggung jawab pengamanan ring I dan seterusnya selama pertemuan puncak KTT ASEAN. Sejumlah pejabat se-tingkat menteri dan kepala negara akan menghadiri rangkaian pertemuan KTT ASEAN ke-18 di Balai Sidang Jakarta, Senayan, Jakarta Pusat pada 4-8 Mei 2011.

• VIVAnews Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

View the original article here



Peliculas Online


Category Article , , , , ,

What's on Your Mind...